Pengertian Root Pada Android




Halo gan? Apa kabar? ketemu lagi dengan saya di postingan kali ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian root. Kalo agan udah tau ya gak apa - apa nyimak aja sekalian koreksi kalo ada yang salah. he he he... Buat yang belum tau silahkan di simak sampai habis postingannya gan.

Pengertian Root
Kalo agan pengen ngotak ngatik android, root adalah hal pertama yang harus agan lakukan. Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan tingkat tinggi untuk mengeksekusi semua file, command, system dalam sistem operasi berbasis linux, termasuk android juga gan. Jadi, intinya root ini punya hak akses tanpa batas buat mengubah, menghapus, menambah, memindahkan bahkan bisa ngerusak android agan kalo agan gak hati - hati. Atau bisa juga dibilang nge-root itu sama dengan nge-hack system android kita supaya kita (pengguna) bisa mengutak atik android tersebut.

Fungsi Root
Seperti yang saya tulis di atas fungsi root itu supaya kita punya hak akses buat masuk ke sistem android. Sama seperi administrator di windows gitu gan. Jadi kita bebas untuk menambah, menghapus, ataupun memodifikasi perangkat android kita mejadi seperti tampilan yang kita inginkan. Kalrena kalo android kita masuh standar (belum di root) pastinya gak akan bisa masuk ke sistem.

Manfaat root buat android
1. Hak akses tak terbatas pada sistem
2. Untuk menghapus app bawaan vendor (biar gak mubazir dan gak ngeberat - beratin hp)
3. Menginstall app di SD Card, pake app yang butuh akses root dulu tentunya.
4. Buat backup dan restore app.
5. Buat install Custom ROM
6. Bisa buat overclock juga gan, walau pun konsumsi battery jadi lebih besar.

Selain beberapa hal di atas jangan lupa baca juga Keuntungan dan Kerugian Root supaya pengetahuan agan khususnya newbie bisa bertambah. Segitu dulu aja ya postingan kali ini, saya nya udah ngantuk soalnya. Semoga membantu, terimakasih udah berkunjung. Sampai jumpa di postingan berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Hmmsim 2 : Game Simulator Kereta Terbaik Untuk Android

[Share] Lagu J-Pop Yang Bikin Hati Tenang

3 Aplikasi Wajib Untuk Menguji Smartphone Baru