Keuntungan dan Kerugian Rooting Android



Pada postingan sebelumnya saya membahas tentang pengertian root pada android. Sekarang saya akan membahas keuntungan dan kerugian root android.

Keuntungan

Hak Akses Penuh Terhadap Sistem
Yang pertama yaitu pastinya memberikan hak akses penuh terhadap sistem android. Dengan hak tersebut kita bisa memodifikasi sistem android kita. Contohnya kalo agan punya game berukuran besar dan tidak bisa di indtall di hh agan, jadi agan bisa menginstall app besar itu di SD Card.

Swap RAM
swap  RAM ini fungsinya jadi seperti menambah RAM pada android kita. Jadi, kita nenbuat swap file di internal atau external memori agan.

Ubah Tampilan Sesuka Hati
nah ini yang bikin android agan wajib di root. Kita bisa mengubah - ubah tampilah android agan dengan menistall Custom ROM. Mengubah tampilan disini misalnya agan punya hh merek TemanPintar (sm*rtfr*n) dan agan bisa mengubah tampilannya menjadi seperti S*ny Xp*ria atau S*amsung G*laxy. Kenapa butuh akses root? Karena root diperlukan untuk membackup data kita agar bisa diperbaiki juka rusak.

Bisa Menjalankan App Root
Sebenarnya cukup banyak juga app dari PlayStore yang butuh akses root, contohnya:
Link2SD  >  Berguna untuk memindahkan app ke SD Card, bahkan bisa di pakai untuk mempartisi SD Card agan supaya bisa di tambahkan ke internal.
Titanium Backup  >  Untuk backup & restore data kita
Terminal Emulator  >  Menjalankan terminal (linux) di android.
Root Explorer  >  File manager yang bisa mejelajah sampai ke system
Xposed Installer  >  Untuk mengistall framework dan module xposed. Selengkapnya baca disini

Kerugian Root
Dibalik segala keuntungan nya, root juga punya kerugian gan. Diantaranya:

Hilangnya Garansi
Kok garansi bisa ilang gan? Jelas lah, karena root itu sama seperti membuka segel adroid agan. Ini makannya vendor hp gak ngasih akses root dari awal supaya gak ada system yang gak sengaja dirusak oleh pengguna yang gak tau apa - apa. Jadi kalo adroid agan di root berarti agan di anggap udah bisa dan mengerti android karena udah bisa membuka segel tersebut.

Terus? Kalo ada kerusakan gimana gan? Makannya sebelum hh agan di root pastikan agan sudah bergabung di grup sesama opreker android agan, pastinya dengan merek dan tipe yang sama. Jadi kalau ada kerusakan agan bisa langsung bertanya dan bisa langsung memperbaiki. Karena biasanya memperbaiki kerusakan yang di buat sendiri itu semudah bagaimana kita ngerusaknya.


Tidak Akan Dapat Update Software Resmi
Kehilangan garansi juga pastinya gak akan dapat update otomatis. Ini karena vendor hp kita gak tau hp nya udah di apain aja, jadi daripada nanti malah crash jadi gak di kasih update karena update cuman buat hh yang masih pake software sama dengan waktu di buat dipabrik.
TAPI gak usah khawatir gan, walaupun kita gak dapet update secara resmi tapi kita masih bisa update download and install secara manual


Cukup sekian postingan kali ini, semoga dapat membantu. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa share ya gan biar temen agan tau juga. he he ...
Mohon maaf bila masih banyak kesalahan penulisan karena saya juga masih harus banyak belajar. Sampai jumpa di postingan saya berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Hmmsim 2 : Game Simulator Kereta Terbaik Untuk Android

[Share] Lagu J-Pop Yang Bikin Hati Tenang

3 Aplikasi Wajib Untuk Menguji Smartphone Baru