Tips Belajar Hiragana dan Katakana Dalam 1 Minggu Dengan Obenkyo


おはようございます ^_^ Pertama-tama saya ingatkan bahwa blog ini bukan blog yang membahas tentang bahasa Jepang. Ini hanya blog yang akan menulis ulasan tentang aplikasi. Jadi, post ini sebenarnya membahas ulasan aplikasi Obenkyo.

Obenkyo adalah aplikasi yang bisa kita download gratis di PlayStore untuk mempelajari bahasa Jepang.

Fitur Utama
Berikut adalah fitur utama pada aplikasi ini:
1. Katakana
Berisi dasar dari huruf katakana dan bagaimana cara menulis katakana dengan stroke order.
2. Hiragana
Berisi daftar dari huruf hiragana serta stroke order.
3. Numbers
Belajar angka dipisah dari katakana dan Hiragana (dalam Kanji)
4. Kanji
Daftar kanji yang dipisahkan dalam beberapa level JLPT lengkap dengan stroke order.
5. Vocabulary
Kosakata yang anda dapat hafalkan berdasarkan tingkat JLPT dari Android.
6. Particles
Kata hubung yang sering digunakan dalam bahasa Jepang.
7. Grammar
Penjelasan menarik yang diambil dari blognya Tae Kim yang telah didesain dengan pelajaran yang interaktif.


Yang  membuat app ini menarik menurut saya adalah karena selain adanya pembahasan lengkap ada juga tes nya.
Dan yang akan saya bahas disini adalah cara menghapalkan Hiragana dan Katakana dalam 1 minggu. Saya gak bercanda ya... Karena saya belajarnya cuman 1 minggu secada otodidak.

Tips Menghapal Hiragana dan Katakana
Sedikit cerita, saya belajar huruf jepang karena ada info bahwa ujian sekolah Bahasa Jepang tidak menggunakan romaji. Jadi saya buru-buru menghapal dengan cara saya sendiri.

Sebelum kita mulai pertama-tama siapkan:
-Aplikasi Obenkyo (Kalo gak ada app nya mana bisa belajar :v)
-Buku tulis dan alat tulis (Buku tulis bekas juga oke)

Saya sarankan belajar Katakana dulu karena kita akan sekalian belajar menulis dan karena menurut saya Katakana lebih gampang.


Buka app Obenkyo dan pilih Katakana, lalu pilih huruf ア (A) dan tap draw. Disitu akan tampil cara menulis huruf ア dan silahkan tuliskan di buku tulis huruf ア di buku tulis sebanyak 3 baris.


Setelah selesai menulis huruf ア, lanjut ke huruf イ, ウ, エ, dan オ. Saya sarankan hapalkan 5 huruf dulu sehari. Kalau sudah selesai silahkan tulis ア,イ,ウ,エ,オ berulang-ulang sampai 1 halaman.
Kalau misalnya mau lebih dari 5 huruf sehari juga boleh. Karena saya juga menghapal 15 huruf dalam sehari :v


Kalau sudah hapal katakana jangan lanjut dulu ke Hiragana. Saatnya melakukan tes sampai semua hurufnya jadi hijau.

*Tips
Gak usah kaget pas liat hurufnya banyak, karena kalau udah hapal dari huruf ア sampai ン saya jamin selanjutnya gampang.
Lebih baik hapalkan sebelum tidur biar gak ilang dari otak.

Kalau mau belajar kanji tolong jangan tanya ke saya karena saya juga ga bisa. Silahkan cari grup sosmed yang membahas Bahasa Jepang.

Oke mungkin cukup sampai disini untuk postingan kali ini. Kalau misalnya banyak yang salah mohon koreksi nya karena saya hanya mau berbagi ^_^ Silahkan share kalau menurut kamu artikel ini berguna dan jangan lupa like fanspege CC Mobile di facebook.

Comments

happytugas said…
Kak gmn caranya keterangan di applikasinya bisa dengan bahasa indonesia?

Popular posts from this blog

Hmmsim 2 : Game Simulator Kereta Terbaik Untuk Android

[Share] Lagu J-Pop Yang Bikin Hati Tenang

3 Aplikasi Wajib Untuk Menguji Smartphone Baru