Cara Mengaktifkan Google Assistant di Semua Android

Hallo semuanya apa kabar? Udah lama juga saya gak ngepost di sini. He he he…. Kalo kemaren-kemaren Google Assistant cuma bisa di pakai di Google Pixel. Kali saya akan beritahu tetang bagaimana mengaktifkan Google Assistant di semua Android, tapi sebelumnhya akan saya jelaskan dulu apa itu google assistant secara singkat. 

Jadi, Google Assistant adalah evolusi dari Google Voice dan Google Now. Sehinga sekarang kita bisa ngobrol  dengan hp kita, jadi setingkat Siri di iPhone atau Cortana di Windows. Tapi sedikit berbeda dari Cortana dan Siri, Google Assistant keluar dari browser dan terintegrasi ke berbagai perangkat hardware buatan google. Saat ini Google Assistant hanya bisa memahami Bahasa Inggris saja, jadi kalau mau coba Google Assistant agan harus bisa Bahasa Inggris. Tapi semoga kedepannya mendukung Bahasa Indonesia. Amiiiin….

Oke sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya agan harus penuhi syarat berikut:
1. Root Access
2. Android Marshmallow/Nougat

Kalau hh agan sudah memenuhi syarat ayo lanjut ke tahapnnya
1. Pertama, install Google Play Service dan Google App versi terbaru dari Play Store dan ubah Bahasa hh ke English (US).

2. Kalau sudah sekarang kita edit bulid.prop dengan dengan menambahkan    ro.opa.eligible_device=true    di baris paling bawah setelah itu save lalu resboot hh agan.


3. Selanjutnya nyalakan data dan GPS dan buka Googe App dan masuk ke Google App settings setelah masuk settings pada bagian Google Assistant pilih lagi Settings



4. Scroll ke bawah lalu centang “Google Assistant” dan “Use screen contex”


5. Jika sudah masuk ke “OK Google” detection dan tandai Say "OK Google" any time dan “Trusted Voice”


6. Masuk ke  Retrain voice model dan klik GET STARTED lalu bilang OK Google sebanyak 3 kali sampai complete



7. Kembali lagi ke Google Assistant Settings lalu masuk ke personal info > Nickname dan tulis nama panggilan anda


8. Sekarang kita coba aktifkan google Assistant dengan cara menekan dan tahan tombol home


Cara lain untuk mengaktifkan Google Assistant adalah dengan mengucapkan “OK Google”. Tapi bedanya dengan Google Now adalah kita bisa melakukannya kapanpun. Maksudnya tidak harus di Home Screen.

Nah sekarang saya mau kasih review Google Assistant sekaligus cara penggunaannya, untuk mengetahui apa saja yang bisa di lakukan Google Assistant adalah buka Google Assistant lalu katakana “what can you do?”. Kalau dia menjawab klik “Show all tips”.




Bisa tau nama saya :v


Bisa ngasih tau tempat makan, sayang gak sekalian traktirin :3


Bisa jadi translator pribadi

Offline Mode
Nah, salahsatu kelebihan lain dari Google Assistant adalah bisa digunakan secara offline. Walaupun terbatas, contohnya untuk menyalakan/mematikan Bluetooth atau membuka app





Oke cukup segitu dulu untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat dan semoga berhasil. Bila ada salah kata mohon di maafkan. Jangan lupa share dan like Fanspage CC Mobile di Facebook.

Comments

Popular posts from this blog

Hmmsim 2 : Game Simulator Kereta Terbaik Untuk Android

[Share] Lagu J-Pop Yang Bikin Hati Tenang

3 Aplikasi Wajib Untuk Menguji Smartphone Baru